Sejarah Singkat Desa Klinting

Sejarah pembangunan Desa Klinting dimulai pada masa kepemimpinan Bapak Sawijaya, yang merupakan Kepala Desa Klinting yang ke 9. Adapun Kepala Desa yang memimpin Desa Klinting dari yang pertama sampai saat ini yaitu :

  1. Ki Cemplong
  2. Ki Cagati
  3. Ki Anggadipa
  4. Ki Dipanangga
  5. Ki Bangsawijaya
  6. Ki Karyadipa
  7. Ki Dage
  8. Ki Jayawikrama
  9. Ki Sawijaya
  10. Bapak Nano Martosuwiryo
  11. Bapak Sukarso
  12. Bapak Mardi, S.H

Inilah para tokoh yang ada di Desa Klinting, Adapun pembangunan desa Klinting sebelum pemerintahan Ki Sawjaya belum terlihat, Karena pada waktu itu Negara kita belum merdeka jadi belum memikirkan pembangunan, yang terpenting pada saat ini adalah merebut kemerdekaaan Republik Indonesia. Bangsa Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, setelah itu barulah Desa Klinting di bawah kepemimpinan Ki Sawijaya melakukan beberapa pembangunan, yang pada waktu itu masih cukup sederhana, diantaranya :

  • Dibangun SD inpres
  • Pembentukan RT dan RW
  • Pembangunan Balai Desa
  • Pengerasan jalan lingkungan
  • Jalan Desa yang dinamakan Padat Karya
  • Masuknya jaringan listrik pada tahun 1980

Setelah Ki Sawijaya menjabat sebagai Kepala Desa Klinting selama kurang lebih 40 tahun kemudian Kepemimpinan selanjutnya melalui proses pilkades pada 1985 an dan terpilih adalah Bapak Nano Martosuwiryo sebagai Kepala Desa yang menjabat selama 10 Tahun. Dimasa pemerintahannya juga Nampak adanya kemajuan pembangunan, antara lain :

  • Pembangunan Mushola-mushola dan Masjid untuk tempat ibadah
  • Dibangun jalan aspal yang menghubungkan ke Desa Kemawi, ke Desa Tanggeran sampai ke Sokawera
  • Pengaspalan jalan Desa sepanjang 3 KM
  • Pembangunan Balai Desa Klinting
  • Pembangunan sekolah TK
  • Pembangunan sarana air Bersih
  • Penataan Wilayah, Dibagi menjadi 20 RT dan 2 RW
  • Penyelamat lingkungan menjadi juara 1 tingkat Kabupaten
  • Pengadaan Program kejar paket A
  • Penataan kelembagaan desa

Dan masih banyak lagi pembangunan di bidang yang lain yang sangat dirasakan masyarakat Desa Klinting.

Setelah masa jabatan Bapak Nano Martosuwiryo sebagai Kepala Desa berakhir, kemudian diadakan pilkades lagi pada tahun 1997 dan terpilih adalah Bapak Sukarso. Dibawah kepemimpinan Bapak Sukarso juga Nampak adanya kemajuan pembangunan, antara lain :

  • Melanjutkan dan menyelesaikan program yang lain
  • Penyadaran warga akan pentingnya PBB
  • Pembangunan Pengerasan jalan dengan konsep beton
  • Dibidang pendidikan mengalami kemajuan dengan adanya kejar paket A dan B
  • Dibidang pertanian terdapat perubahan dengan adanya klompencapir
  • Dibidang kebudayaan terdapat kemajuan dengan adanya para seniman dan seniwati yang berkarya dalam seni karawitan, seni pendalangan, seni kuda lumping dan campursari
  • Dan masih banyak lagi yang dapat dirasakan oleh masyarakat Desa Klinting.

Setelah masa jabatan Bapak Sukarso berakhir, kemudian diadakan kembali pilkades pada tahun 2007 dan yang terpilih adalah Bapak Mardi, S.H. Semenjak dilantik menjadi Kepala Desa Klinting, Bapak Mardi, S.H. memiliki semangat untuk melakukan pembangunan dengan Visi dan Misi yaitu “Terwujudnya masyarakat Desa Klinting yang sejahtera”. Saat ini program yang sedang berjalan dan dikembangkan antara lain :

  • Pembangunan sarana air bersih
  • Pembangunan Polindes
  • Pengembangan Posyandu PAUD
  • Pembangunan pengerasan jalan dengan konsep Beton
  • Penyiapan pengajuan menjadi Desa Wisata

Dan masih banyak lagi program-program yang sedang berjalan dikembangkanImage

Sosialisasi Sadar Wisata

Desa Klinting merupakan sebuah desa di pegunungan kendheng dengan kondisi alam yang sangat indah dan masih terjaga keasriannya. Desa Klinting termasuk cluster wisata gunung, kekuatan konsep wisata gunung ini mengambil titik pusat di Desa Kemawi dengan kekuatan daya tarik wisata berupa landscape alam pegunungan Kendheng dan curug Gumawang. Oleh karena itu kami Tim KKN Tematik Pariwisata Universitas Jenderal Soedirman ditugaskan dan diberi amanah untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di desa tersebut. Kegiatan KKN ini dimulai dari tanggal 10 Juli – 13 Agustus 2012 dengan melakukan berbagai kegiatan yang telah disusun secara sistematis melalui program kerja yang telah dipersiapkan.

Program kerja yang pertama dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2012 yang berisikan tentang sosialisasi sadar wisata, dalam kegiatan ini kami mengundang seorang mahasiswa yang sekarang masih menjabat sebagai Duta Pariwisata Banyumas 2012. Masyarakat yang ikut andil dalam sosialisasi tersebut mempunyai antusias yang sangat luar biasa dalam merespon atau menanggapi semua materi yang disampaikan oleh pembicara atau pemateri.

Kegiatan ini dilaksanakan berbarengan dengan acara pengajian menyambut ramadhan. Acara ini dilaksanakan pada pukul 21.00 setelah acara pengajian selesai yang dihadiri oleh Kepala Desa Klinting, tokoh masyarakat, peserta KKN, dan warga masyarakat desa Klinting. Semua materi telah dipersiapkan secara matang oleh pemateri, materi tersebut berisikan mengenai pengertian pariwisata, aspek yang berpengaruh dalam kepariwisataan dan potensi wisata yang ada di desa Klinting. Target program ini ditujukan kepada seluruh masyarakat desa klinting yang bertujuan untuk mengubah mind set masyarakat agar sadar terhadap potensi desa yang ada sehingga tujuan utama yaitu menjadikan desa Klinting bisa terwujud.

SELAPAMAN DESA KLINTING

 

Selapaman adalah salah satu bentuk kegiatan perkumpulan di desa Klinting yang secara rutin dilaksanakan setiap hari Rabu manis. Selapaman merupakan suatu kegiatan perkumpulan yang membahas masalah-masalah yang ada di lingkungan Desa Klinting. Acara Selapaman dihadiri oleh para Ketua RT dan RW Desa Klinting.

            Pada Hari Rabu, 11 Juli 2012 yang bertempat di Aula Kantor Desa Klinting dihadiri oleh para Ketua RT, RW dan para hansip. Acara pada waktu itu juga di hadiri beberapa tamu undangan antara lain Sekertaris Kecamatan Somagede, Ketua BPD Desa Klinting dan ……. Acara tersebut membahas tentang tentang pemilihan komandan Hansip tingkat desa. Pemilihan komandan Hansip tersebut dilakukan dengan alasan komandan hansip yang terdahulu telah purna tugas dikarenakan usia yang sudah tergolong lanjut usia. Pergantian komandan Hansip di desa Klinting bertujuan untuk menguatkan peran hansip di Desa klinting dalam menjaga keamanan desa dan juga dipersiapkan dalam menyambut bulan suci ramadhan, HUT RI dan Pemilu Kepala Daerah Langsung yang akan dilaksanakan Bulan Februari 2012.

            Dalam acara tersebut Bapak Sudir selaku Kepala Desa Klinting juga menyampaikan tentang rencana pembuatan Lapangan Desa Klinting yang telah sampai pada tahap pembebasan lahan dan selanjutnya penggarapa lahan itu sendiri masih menunggu turunnya dana ADD. Menurut Bapak Sudir Pemerintah Desa Klinting akan mengalokasikan dana ADD sebesar Rp 23.000.000,00 untuk pembiayaan penggarapan Lapangan Desa Klinting tersebut. Lapangan Desa dianggap sebagai pembangunan yang prioritaskan karena dari seluruh desa di Kecamatan Somagede yang belum memiliki Lapangan hanyalah tinggal Desa Klinting saja. Lapangan Desa tersebut juga dipersiapkan guna menunjang aktifitas para pemuda kampong dan karang taruna dalam menyalurkan hobby keolahragaan di desa Klinting yang selama ini kurang mendapat tempat misal Sepak Bola.

            Pada akhir kesempatan di acara tersebut Tim KKN Tematik Pariwisata UNSOED mendapat kesempatan untuk memperkenalkan diri. Selaku Kormades Ilham Isnanda maju kedepan untuk menyampaikan beberapa patah kata sambuatan dan perkenalan anggota Tim KKN Tematik  Pariwisata UNSOED. Ilham juga sedikit memaparkan tentang rencananya dalam pengembangan potensi Pariwisata antara lain : Watu Lintang, Pure Giri Kendheng dan Lemah Abang. Acara tersebut diakhiri dengan menyantap semangkok bakso yang telah disediakan oleh Pemerintah Desa Klinting.

Perpisahan Mahasiswa KKN Tematik Unsoed di Kecamatan Somagede.

Senin, 20 Februari 2012.

Kecamatan Somagede mengadakan acara Perpisahan Kepada Mahasiswa KKN Tematik Pariwisata Unsoed 2012 sekecamatan.

Acara yang dihadiri oleh Bapak Camat, Bapak Kades, POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) dan Mahasiswa KKN Tematik Pariwisata Unsoed 2012 sekecamatan ini mengucapkan TerimaKasih kepada Para Mahasiswa KKN dan berharap Mahasiswa terus menjalin Silaturahmi di Kecamatan Somagede tersebut.